Facebook

Senin, 14 Juni 2010

Katanya Gak Beda...

Mulai tanggal 10 juni kemarin, ada aturan baru tentang cara pengantrian di halte busway. Aturan ini mengharuskan penumpang pria dan wanita mengantri secara berpisah.
anak-anak, lansia, dan orang sakit dapat mengantri di antrian wanita karena dianggap lebih "teratur" (WTF???!!)


Aturan baru ini (yang katanya) berguna untuk mengurangi pelecehan seksual yang terjadi di busway.

pria di anggap lebih kasar dan suka berdesak-desakan dalam mengantri

Kalau menurut gw pribadi, aturan ini kurang bermanfaat dan cenderung menguntungkan wanita. gua sendiri yang berjenis kelamin laki-laki pasti tidak mendapat keuntungan apa-apa dari aturan baru ini.
yang ada malah semakin mempersulit hidup gw kalau lagi naik busway. :(

ada 2 pihak yang sangat dirugikan kalau aturan ini tetap dilanjutkan
  1. Kaum Pria pastinya
    Kita sebagai kaum pria pasti akan dirugikan. Para petugas busway pasti cenderung memasukan wanita ke dalam busway terlebih dahulu dibanding kita kaum pria. Jika wanita diberi kesempatan lebih dulu, pasti kita kaum pria tidak akan pernah lagi menikmati nyamannya duduk di bangku busway, karena kita harus selalu berdiri karena tidak kebagian tempat duduk.
  2. Kaum Waria
    Ya mungkin setelah membaca kaum waria kalian bakal tertawa. Kenapa gw bilang waria adalah salah satu pihak yang paling dirugikan?
    Dengan adanya aturan ini, mereka harus tetap mengantri di salah satu antrian, pria atau wanita.
    Coba bayangkan kalau dia mengantri di antrian pria, pasti akan menjadi pusat perhatian, di ledekin, bahkan mungkin ada om-om mesum yang tetep napsu ngeliat waria.
    Dan coba bayangkan kalau waria menganti di antrian wanita, pasti ibu-ibu yang membawa anak kecil akan menutup mata anaknya, mengetok-ngetok tiang antrian sambil berkata keras-keras,"AMIT_AMIT NAK! JANGAN SAMPE KAYA MAS... EH SALAH. KAYA MBAK ITU YA!"
    Coba bayangkan itu. bagaimana jika kalian di posisi waria. mungkin kalian udah loncat dari halte busway ke jalan raya, kalau nggak udah menjambak ibu-ibu yang ngomongin kalian.

~~~


Mudah-mudahan aja, aturan baru ini bisa berfungsi dengan baik dan menguntungkan semuanya termasuk pria dan wanita juga.

Sebagai pria kita juga harus sadar, aturan ini dibuat mungkin karena melihat perilaku kita yang selama ini dilihat kurang baik terhadap wanita. walaupun wanita dan pria sekarang dianggap sama, tapi ada batasan-batasan dimana sebagai pria kita juga harus lebih menghormati dan menghargai wanita.


TAPI.........
jangan sampai, malah karena aturan ini wanita justru menggunakan alesan supaya gak maw ngalah dan melupakan budaya mengantri.



Jujur, gw paling gak suka sama wanita kalo di busway bilang gini," ngalah dong sama cewe?"
kesannya wanita lemah banget. padahal naek busway cuma berdiri 15-20 menit aja masih gak maw ngalah.


Katanya emansipasi....
Katanya gak maw dibeda-bedain....
Katanya pria wanita sama kuatnya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar